Translate

3 Upacara ada di Sumatra Barat yang masih dilestarikan

Adat dan budaya di Sumatera Barat kental dengan nuansa melayu. Upacara adatnya pun biasanya sesuai dengan syariat Islam.
Di provinsi ini terdapat 3 tradisi yang biasa dilakukan. Ketiga tradisi atau upacara adat tersebut adalah:
1. Tabuik
Upacara melabuhkan tabuik ke laut dilakukan setiap tanggal 10 Muharram. Perayaan ini memperingati hari Asyura, yaitu wafatnya Husein, cucu Muhammad Saw. Masyarakat Minangkabau yang biasa melakukan upacara ini adalah di daerah pantai Sumatera Barat, terutama Pariaman. Yang pertama kali mengenalkan upacara ini adalah Pasukan Tamil Muslim Syiah dari India. Meskipun awalnya adalah upacara syiah, saat ini yang melakukan upacara ini di daerah Sumatera Barat kebanyakan penganut sunni.



2. Balimau
Yaitu acara mandi menggunakan limau (jeruk nipis). Biasanya dilakukan di daerah-daerah yang memiliki sungai atau tempat pemandian. Tujuan dari upacara ini sesuai dengan ajaran Islam, yaitu membersihkan diri lahir dan batin ketika memasuki bulan Ramadhan. Limau berguna untuk membersihkan tubuh dari minyak dan keringat.
Sebenarnya, perempuan tidak perlu mengikuti acara mandi di sungai, agar tidak bercampur dengan laki-laki. Atau, perempuan boleh ikut, tetapi mandinya di tempat-tempat pemandian yang tertutup. Namun, saat ini perayaan tersebut sudah menjadi ajang rekreasi, sehingga laki-laki dan perempuan kerap mandi di sungai beramai-ramai pada perayaan ini.
3. Makan Bajamba
Disebut juga makan barapak, yaitu kegiatan makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau. Masyarakat duduk beramai-ramai di sebuah tempat yang telah ditentukan. Tradisi ini bertujuan memunculkan rasa kebersamaan dan tidak memandang status sosial. Makan bajamba dilakukan pada hari-hari besar agama Islam, saat ada pesta adat, ketika ada pertemuan penting, dan dalam berbagai upacara adat.




Ketiga tradisi tersebut masih dilakukan hingga saat ini. Kalau kamu ingin ikut merayakannya, datanglah ke Sumatera Barat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Upacara ada di Sumatra Barat yang masih dilestarikan"

Post a Comment